Care dong! with our environtments

Yups, itulah judul yang coba kita telaah kali ini. Apa hayo artinya, benar sahabat kita mesti, kudu, harus, must take care (red-menjaga) lingkungan kita. Coba sahabat lihat fakta-fakta yang terjadi di sekitar kita, tampaknya masyarakat banyak yang sudah melupakan arti dari menjaga lingkungan. Kebersihan lingkungan misalnya, kayaknya saat ini kok banyak yang ndak peduli ya sama kebersihan. Habis makan, eh sampahnya dibuang di got (red-selokan), dibuang di jalan, dan di di yang lainnya. Wah, aneh ya sahabat, padahal hal itu kan sebenarnya secara tidak langsung nantinya akan merugikan diri mereka sendiri serta orang lain.

"Atthuhuuru syatruul iimaani", kebersihan adalah sebagian dari iman (HR Muslim). Tuh khan sahabat, ada hadistnya lagi, ternyata kalau kita menyatakan bahwa kita beriman kepada Allah maka kita juga harus mau untuk menjaga kebersihan, ya khan. Yups, memang iman tidak hanya diucapkan bil qalbi wa bil lisaan (red-hati dan lisan) saja, tetapi juga dalam bentuk action atau amal-amal kita secara nyata. Huh, susah ya ternyata, nggak juga kok kalau kita mau berusaha. Masa kita kita kalah dibanding dengan negara-negara Barat sih, jangan dong. Mereka saja nggak berani lho untuk buang sampah sembarangan, jangankan plastik, benda-benda yang kecil saja mereka takut (ada dendanya juga sih). Luaar biasa ya, bagaimana dengan negara kita ya? Kayaknya di negara kita hampir pasti ditemukan sampah di setiap meternya ya. Bahkan kita lihat sungai-sungai yang ada di sekitar kita, tampaknya sudah tidak ada yang orisinil lagi ya sahabat, semuanya sudah complete (red-lengkap) kaya es campur, he he. Ada pakaian, plastik, kayu-kayu, pohon, barang-barang elektronik, wah lengkap deh pokoknya sahabat. Nah, lama-kelamaan kan bisa jadi bencana seperti banjir, perubahan iklim, kerusakan alam, ketiadaan udara bersih, ketiadaan lingkungan nyaman, dan dampak buruk lainnya.

Terus, bagaimana nih sikap kita sahabat? Ya, kata Aa Gym tuh 3 M, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil-kecil dan mulai dari sekarang. SubhanAllah, berarti memang kita harus mulai dari diri kita sendiri ya sahabat, apakah kita sudah membiasakan untuk hidup bersih? Kalau sudah berarti kita sudah dapat memberikan contoh baik minimal bagi kita sendiri dan juga orang lain. Wah ternyata itu baru satu poin lho sahabat yaitu menjaga kebersihan, belum lagi hal lainnya. Tetapi jangan takut ya, yang penting tadi, kita mulai dari yang kecil-kecil dan dimulai dari sekarang, kemudian bertahap untuk memperbaiki hal lainnya. Kalau sudah berhasil maka kita dapat mengajak orang-orang di sekitar kita untuk melakukannya juga. Siip deh, kalau begitu mari kita gemakan untuk menjaga lingkungan di sekitar kita ya sahabat. Selamat berjuang ya!!

0 komentar:

Posting Komentar

IQbaL Readers, you can gives me comments in this column. I hope, we can sharing anything. Ok.

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / M. IQbaL Hanafri

We are : Indonesian Blogger / powered by : blogger