Hikmah Berqurban

Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Lailaahaillallah huwallahuakbar Allahuakbar walillailhamd. Luar biasa, gema takbir sebagai pertanda Idul Adha bergema di seluruh pelosok negeri. Hal ini mengingatkan kita kembali tentang perintah Allah SWT kepada nabi Ibrahim SAW. Ketika itu nabi Ibrahim AS diperintahkan oleh Allah SWT untuk berqurban, yaitu dengan menyembelih anaknya yang bernama nabi Ismail AS. Ternyata, oleh Allah diganti dengan seekor gibas (kambing besar).


Ibrah yang terdapat pada qurban sangatlah besar, baik dari sisi maknawi maupun sisi sosial kemasyarakatan. Pada sisi maknawi akan kita temukan, seberapa besar kemauan dan kemampuan seorang  manusia untuk memberikan segenap hartanya yang diwujudkan dengan hewan qurban. Sebagaimana kisah Habil dan Qabil ketika ingin menikahi salah satu anak Adam AS, Habil mampu memberikan qurban terbaik berupa seekor sapi yang gemuk sedangkan Qabil hanya memberikan sedikit tanaman yang sudah layu. Dari sinilah Allah SWT akan mengukur seberapa besar pengorbanan hambanya untuk mempersembahkan yang terbaik untuk Tuhannya, disamping juga perlu dijaga keihlasan yang ada.

Tidak kalah pentingnya juga dari sisi sosial kemasyarakatan. Qurban merupakan salah satu media bagi ummat untuk lebih bisa meningkatkan ukhuwah dan merapatkan jarak sosial dengan masyarakat. Dengan berqurban juga akan membantu khususnya masyarakat kecil yang kurang mampu sehingga bisa merasakan ni'matnya daging hewan qurban pada hari raya ini. Jika ditanya mengenai pahala berqurban, insyaAllah setiap langkah kita, tawar menawar kita dengan penjual hewan qurban, ceceran darah hewan qurban, sampai ni'mat yang dirasakan oleh setiap orang yang memakannya akan mendapat ganjaran yang luar biasa dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita berqurban.

0 komentar:

Posting Komentar

IQbaL Readers, you can gives me comments in this column. I hope, we can sharing anything. Ok.

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / M. IQbaL Hanafri

We are : Indonesian Blogger / powered by : blogger