Mari Membangun Negeri

Ternyata tidak terasa kemerdekaan bangsa Indonesia sudah dirasakan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Tetapi tampaknya masih lekat diingatan kita bahwa kondisi bangsa terasa belum kunjung membaik. Tingkat ekonomi yang semakin dirasakan sulit hari ke hari, tingkat kepercayaan antar masyarakat yang cenderung melemah, ditambah lagi setumpuk masalah lainnya yang masih menunggu mengantri. Apakah ada yang salah? Atau kita memang belum mau untuk berusaha mengisi kemerdekaan ini.

Kemauan bangsa Indonesia untuk mengisi kemerdekaan tentunya tidak pernah surut. Akan tetapi ternyata saat ini kita sedang dilanda degradasi nilai-nilai kultural yang cenderung mulai melemah bahkan terus terkikis habis. Mungkin kita bisa saja membangun gedung-gedung tinggi nan kokoh untuk menyaingi menara petronas misalnya, akan tetapi hal itu hanya bersifat fisik saja. Bahkan akan menjadi masalah baru yaitu dengan bertambahnya hutang negara yang kian melambung yang sebenarnya adalah tanggungan seluruh komponen bangsa ini.

Seharusnya kita harus lebih bijak mensikapinya, yaitu dengan membangkitkan semangat nilai-nilai kultural yang merupakan modal dalam kebersamaan bangsa. Jujur misalnya, betapa besar pengaruh nilai kultural ini terhadap pembangunan bangsa. Seandainya bangsa kita mau bersikap jujur, niscaya tidak akan pernah ada penyimpangan-penyimpangan dalam menjalankan segala aktivitas dalam kehidupan ini. Tatapi, alangkah sulitnya ternyata menerapkan satu aspek saja yang merupakan elemen kultural ini.

Belum lagi keharusan setiap insan manusia untuk bisa bersikap toleran, menghargai orang lain, mentaati norma-norma, serta banyak nilai kultural lainnya. Sebenarnya dengan adat kebiasaan kita sebagai orang Timur, hal tersebut tidaklah terlalu sulit. Kuncinya adalah kemauan bersama semua elemen bangsa untuk melaksanakannya, tentunya dengan penuh keikhlasan dan insyaAllah kemandirian bangsa Indonesia akan terwujud. Oleh karenanya, mari kita bangkit memajukan negeri yang sedang terlelap untuk kembali berjaya.

0 komentar:

Posting Komentar

IQbaL Readers, you can gives me comments in this column. I hope, we can sharing anything. Ok.

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / M. IQbaL Hanafri

We are : Indonesian Blogger / powered by : blogger