Kaji Al-Qur'an Yuk Sahabat (Al Fatihah)

Assalammu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil'aalaamiinn. Assholaatu wassalaamu 'ala asyrofil anbiyai walmursaliinn, wa'alaa 'aalihii wa ashaabihii ajma'iinn. Asyhadu'allaa ilaa haillAllah, wa asyhadu annaa Muhammadar Rosuulullaah. 'Aammaa badu. Bagaimana kabarnya nih para sahabatku sekalian? InsyaAllah pasti baik semuanya kan ya. Baiklah kali ini kita akan membahas surat Al-Fatihah yang merupakan salah satu surat terpenting dalam ajaran Agama ISLAM.

Berikut mari kita simak Surat Al Fatihah yang berjumlah 7 ayat :
1.  Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
2.  Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
3.  Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
4.  Yang menguasai di hari Pembalasan.
5.  Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan Hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
6.  Tunjukilah kami jalan yang lurus,
7.  (yaitu) jalan orang-orang yang Telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Surat ini adalah surat yang diturunkan di Makkah sehingga digolongkan kepada surat-surat Makiyyah. Al Fatihah ini juga disebut sebagai Ummul Kitab karena merupakan induk dari Al Kitab / Al Qur'an. Al Fatihah ini juga sering disebut dengan As Sab'ul Matsaany atau tujuh yang berulang-ulang, karena surat Al Fatihah ini selalu kita baca dalam setiap sholat. 

Para Sahabatku sekalian, surat Al Fatihah ini merupakan surat yang menjadi intisari Al Qur'an. Didalamnya merupakan pokok-pokok isi Al-Qur'an.

Allah adalah Tuhan kita, dan jangan sampai kita memiliki sekutu atas-Nya. Allah SWT selalu memberi kita kemudahan segala hal dan sangat menyayangi kita. Ketika kita meminta kepada-Nya dengan tulus ikhlas disertai usaha yang maksimal InsyaAllah Allah akan mengabulkan doa hambanya itu. Akan tetapi, jikalau Allah belum memberikan apa yang kita inginkan, mungkin itu adalah kemauan dari Allah untuk kita memiliki atau menjadi sesuatu yang lain. 

Sahabatku sekalian, apakah kita sudah yakin bahwa jalan yang kita tempuh selama ini sudah benar. Saya pesankan kepada Sahabatku semuanya dan termasuk diri saya tentunya, kita harus tetap dekat kepada Allah. Mintalah apapun kepada Allah, dan jangan ragu karena Allah mengetahui bahwa hambanya adalah makhluk yang lemah dan penuh dengan kekurangan. 

Marilah kita berusaha untuk menjauhi maksiat, menghindari hal-hal kurang atau bahkan tidak bermanfaat. Carilah sahabat atau teman yang selalu merindukan Jannah-Nya. Karena bi'ah atau lingkungan tempat kita tinggal, bekerja, menuntut ilmu dan sebagainya akan selalu mewarnai diri kita. Marilah kita perbaiki diri kita dengan sholat tepat pada waktunya, sholat dengan berjamaah, mengamalkan amalan sunnah, puasa dan lain sebagainya. Ingatlah, waktu kita akan terus selalu berkurang-dan berkurang. 

Dan Allah akan mengahadiahi para ummat-nya yang senantiasa berjalan lurus sesuai dengan kehendak-Nya. Seperti yang Allah SWT firmankan kepada kita semuanya, marilah kita menjauhi jalan-jalan yang Allah murkai dan yang sesat. InsyaAllah Sahabatku, marilah kita bersama-sama mengarungi hidup ini dengan berusaha sebaik mungkin dan dengan tawakkal.

 Wassalammu'alaikum Wr. Wb. 

0 komentar:

Posting Komentar

IQbaL Readers, you can gives me comments in this column. I hope, we can sharing anything. Ok.

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / M. IQbaL Hanafri

We are : Indonesian Blogger / powered by : blogger